Bimbingan dan Konseling

SELAMAT DATANG DI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

SALAM Buat anda yang telah membuka BLOG ini.

Program Bimbingan Konseling ini adalah hasil dari makalah saya sendiri selama menjadi Mahasiswa di

STKIP Andi Matappa Pangkep.

Dari setiap tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah tersebut. Akhirnya saya rangkum pada Blogger / Blogspot ini sebagai makalah yang dapat di copy paste oleh anda. Adapun dari makalah yang saya buat hanya sebagian dari mata kuliah yang saya pelajari. Dan juga mungkin masih banyak kekurangannya.

Jadi saya minta kementar dan penilaian anda pada blog ini.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Selasa, 01 Februari 2011

Dasar - Dasar Pemahaman Tingkah Laku

Bab I

1.     Sebutkan ciri-ciri tingkah laku manusia yang membedakan dari mahluk-mahluk lainnya !
      Jawab: 1. Kelangsungan tingkah laku
                   2.  kepekaan social
  3. usaha dan perjuangan
  4. orientasi pada tugas
  5. tiap-tiap individu manusia adalah unik

2. Jelaskan, apa masalah utama yang sering kali dihadapi oleh orang-orang tua ?
      Jawab: Masalah yang sering kali dihadapi oleh orang tua itu adalah  kesepian dan   kesenderian.

3. Jelaskan, apa yang dimaksud dengan masa kanak - kanak ?
      Jawab: Masa kanak-kanak adalah masa dimana peralihan antara masa bayi kemasa remaja yang masih menggantunkan dirinya pasa orang lain misalnya kepada orang tuaanya ataupun kepada orang lain disekitarnya.

4.     Jelaskan, apa yang dimaksud dengan unik ?
Jawab:  Unik adalah suatu kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang belum tentu   
              dimiliki oleh orang lain.

5.     Jelaskan, apa yang dimaksud dengan kepekaan social ?
Jawab: kepekaan social adalah Kemampuan untuk menyesuaikan tingkah laku dengan harapan dan pandangan orang lain.

6. Coba anda sebutkan pada masa negatifitas keberapakah keangkuannya mulai tumbuh !
Jawab: Pada masa negatifitas yang pertama.

7. Jelaskan, apa yang dimaksud dengan Identifikasi ?
Jawab: Identifikasi adalah dorongan yang manjadi identik (sama) dengan orang lain.

8.      Usaha dan perjuangan adalah merupakan salah satu ciri-ciri tingkah laku manusia, apa yang membedakan dari mahluk-mahluk lainnya ?
Jawab: Yang membedakan manusia dengan mahluk-mahluk lain yaitu adalah manusia mempunyai kepekaan pemikiran yang Lebih baik dari pada mahluk lain misalnya hewan.

9.      Jelaskan, apa yang dimaksud dengan kepekaan social dan berikan contohnya ?
Jawab: kepekaan social adalah Kemampuan untuk menyesuaikan tingkah laku dengan   harapan dan pandangan orang lain.
  Contohnya, perbuatan seseorang akan berbeda-beda kalau menghadapi orang yang sedang marah, gembira, sedih, dll. Tingkah laku seseorang juga akan berbeda dalam lingkungan orang yang sedang berpesta, kadang memperingati kematian atau berdiskusi.

10.Coba anda berikan contoh klasik dari pada proses pematangan anggota tubuh !
      Jawab: contohnya anak burung yang sejak menetas dari telurnya dikurung dalam sangkar.

11.Bagaimana caranya mempelajari perkembangan manusia dan mahluk-mahluk lain secara umum ?
      Jawab: Caranya yaitu kita harus membedakan dua hal yaitu proses pematangan dan proses belajar.

12.Sebutkan dan jelaskan 3 ciri kepribadian !
      Jawab: 1.  Tanggung jawab sering terdapat pada anak sulung.
  2.    Muda bergaul, bias menyenangkan orang lain.
     3.  manja pada anak bungsu.

 13.Jelaskan, apa yang dimaksud dengan manusia ?
      Jawab: Manusia adalah satu-satunya mahluk yang dibekali alat-alat untuk bertahan dalam lingkungannya secara alami.

14.Sebutkan 4 cara untuk manghindari penghentian kegiatan secara mendadak !
      Jawab:           1. Memberikan masa bebas tugas sebelum pensiun.
                    2. Memberikan pekerjaan yang lebih ringan.
                    3. Mencari pekerjaan lain dari masa pensiun.
                    4. Melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat kegemaran dalam     pensiun  tersebut.

15.Sebutkan tahap perkembangan menurut Hurlock !
       Jawab:          1.  ------                           : Prenatal
                   2.  0 – 2                          : Orok (Infancy)
                   3. 2 minggu – 2 thn        : Bayi (babyhood)
                   4. 2 – 6       tahun          : Anak-anak awal (Early childhood)
                   5. 6 – 12     tahun          : Anank-anak akhir (Late childhood)
                   6. 12 – 14   tahun          : Pubertas (Puberty)
                   7. 14 – 17   tahun          : Remaja awal (Early Adoloscence)
                   8. 17 – 21   tahun          : Remaja akhir (Late adolescence)
                   9. 21 – 40   tahun          : Dewasa awal (Early Adulhood)
                   10. 40 – 60 tahun          : Setengah baya (Middle age)
                   11. 60 thn keatas           : Tua (Senescence)
 




Bab II

1.      Sebutkan 2 macam pendapat tentang terjadinya emosi !
      Jawab: 1. Pendapat emperistik mengatakan bahwa emosi dibentuk oleh pengalaman  dan proses belajar.
  2. Pendapat Nativistik, yang mengatakan bahwa emosi yang pada    dasarnya merupakan bawaan sejak lahir.

2.      Sebutkan jenis-jenis Frustasi !
      Jawab: - Frustasi lingkungan.
   - Frustasi pribadi.
   - Frustasi konflik.

3. Jelaskan, apa yang dimaksud dengan cemburu ?
      Jawab: Kecemburuan adalah bentuk khusus dari kekhawatiran yang didasari oleh kurang adanya keyakinan terhadap diri sendiri dan ketakutan akan kehilangan kasih sayang dari seseorang.

4. Jelaskan , apa yang dimaksud dengan halusinasi ?
     Jawab: Halusinasi adalah gangguan kejiwaan seseorang yang dapat   menimbulkan kesalahan presepsi dan selalu mengada-ngada terhadap sesutu disekitarnya.

5. Kemukakan, apa yang dimaksud dengan Frustasi lingkungan?
     Jawab: Frustasi lingkungan yaitu frustasi yang disebabkan oleh halangan atau rintangan yang terdapat dalam lingkungan.

6. Sebutkan macam-macam Psikis !
      Jawab: * Presepsi                      * Lupa
                  * Berpikir dan belajar     * Emosi
                  * Ingatan

7. Sebutkan beberapa prinsip organisasi dalam presepsi !
      Jawab: a. Wujud dan latar-latar objek yang kita amati disekitar kita selalu muncul sebagai wujud (Rigure) dengan hal-hal lainnya sebagai latar atau (Ground).
                b. Pola pengelompokkan.

8. Ada 2 jenis Insentif yang sesuai dengan fungsinya, Sebutkan !
      Jawab: 1. Insentif yang memikatkan motif, disebut Insentif positif.
                 2. Insentif yang menghambat motif, disebut Insentif negative.

9. Sebutkan macam-macam golongan kegiatan berpikir !
      Jawab: 1. Berpikir asosiatif.
                 2. Berpikir terarah.

10.Jelaskan pengertian ilusi dan berikan contohnya !
      Jawab: Ilusi adalah kesalahan dalam presepsi, Contohnya, Rel kereta api yang seolah-olah bertemu dicakrawala tetapi sesungguhnya rel itu selamanya sejajar.




Bab III

1. Sebutkan, apa pengertian tokoh emperisme yang pertama menurut Jhon Locke (1632-1704) yang pertama ?
      Jawab: Tokoh Emperisme yang pertama mengatakan bahwa jiwa manusia waktu lahir adalah putih bersih bagaikan kertas yang belum ditulisi.

2. Jelaskan pengertian kepribadian menurut aneka warna !
      Jawab Kepribadian adalah kumpulan pembawaan biologis berupa dorongan, kecenderungan, selera dan instik yang mencampuri dengan sifat dan kecenderungan yang dapat melalui pengalaman yang terdapat pada diri seseorang.


3. Apa yang dimaksud dengan proses pembentukan Identifitas ?
      Jawab: Proses pembentukan Identifitas diri merupakan suatu integrasi dimana pengalaman-pengalaman kedalam kepribadian yang makin lama, makin menjadi dewasa.

4.Jelaskan pengertian Intelegensi manurut David Wechler !
     Jawab: Intelegensi adalah kemampuan individu untuk berpikir dan bertindak secarah terarah, serta mengalah dan menguasai lingkungan secara efektif.

5. Sebutkan 3 macam tanda-tanda orang yang terkebelakan !
     Jawab: 1. Kecerdasan yang sangat terbatas.
                  2. Daya ingatan lemah.
                  3.Emosi sangat miskin dan terbatas, misalnya hanya ada   perasaan senang,  
                     takut, marah, benci, dan terkejut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar