Bimbingan dan Konseling

SELAMAT DATANG DI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

SALAM Buat anda yang telah membuka BLOG ini.

Program Bimbingan Konseling ini adalah hasil dari makalah saya sendiri selama menjadi Mahasiswa di

STKIP Andi Matappa Pangkep.

Dari setiap tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah tersebut. Akhirnya saya rangkum pada Blogger / Blogspot ini sebagai makalah yang dapat di copy paste oleh anda. Adapun dari makalah yang saya buat hanya sebagian dari mata kuliah yang saya pelajari. Dan juga mungkin masih banyak kekurangannya.

Jadi saya minta kementar dan penilaian anda pada blog ini.

Wassalamu Alaikum Wr. Wb

Senin, 31 Januari 2011

Defenisi Bimbingan Konseling

BIMBINGAN “Guidance” (Inggris)
Bimbingan, Bantuan,Pimpinan,Arahan

Contoh yang bukan bimbingan
Ø  Seorang ibu membantu anaknya memakaikan baju
Ø  Seorang guru membisikkan jawaban soal ujian kepada muridnya waktu ujian

Definisi Bimbingan
Jear Book of Education, 1995
“Suatu proses membantu individu melalui usahanya sendiri untuk menemukan dan mengembangkan kemampuannya agar memeperoleh kebahagiaan pribadi dan kemanfaatan social”

KONSELING (Counseling)
Nasehat, Anjuran, Pembicaraan

Definisi Konseling
James F. Adam
“Suatu pertalian timbal balik antara 2 orang individu dimana yang seorang (counselor) membantu yang lain (conselee) supaya ia dapat memahami dirinya dalam hubungan denfgan masalah-masalah hidup yang dihadapinya waktu itu dan waktu yang akan datang”.
Bimbingan Konseling
Suatu bantuan yang diberikan seseorang (konselor) kepada orang lain (klien) yang bermasalah psikis, social dengan harapan klien tersebut dapat memecahkan masalahnya, memahami dirinya, mengarahkan dirinya sesuai dengan kemampuan dan potensinya sehingga mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

HUBUNGAN BIMBINGAN KONSELING
Preventif Kuratif, Ringan, Berat, Keterangan:
Bimbingan juga memperhatikan Kuratif (penyembuhan/ pemecahan masalah), tapi titik beratnya pada pencegahan (preventif)
Konseling titik beratnya Kuratif tapi juga memperhatikan Preventif (pencegahan masalah)
Objek garapan B&K sama, yaitu problema/ masalah, bedanya pada titik berat perhatian dan perlakuan terhadap masalah tersebut. Bimbingan = masalah yang ringan, konseling = masalah yang relatif berat.

FUNGSI BIMBINGAN KONSELING
1. Fungsi Pemahaman
Fungsi BK yang akan menghasilkan pemahaman tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan kepentingan pengembangan peserta didik, baik pemahaman tentang diri peserta didik, lingkungan maupun lingkungan “yang lebih luas”
 
2. Fungsi Pencegahan
Fungsi BK yang akan mengsilkan tercegahnya atau terhindarnya peserta didik dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul, yang akan dapat mengganggu, menghambat, ataupun menimbulkan kesulitan dan kerugian-kerugian tertentu dalam proses perkembangannya.
 
3. Fungsi Pengentasan
Fungsi BK yang akan menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan yang dialami oleh peserta didik.
 
4. Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi BK yang akan menghasilkan terpelihara dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.

AZAS-AZAS BIMBINGAN KONSELING
1. Azas Kerahasiaan
2. Azas Kesukarelaan
3. Azas Keterbukaan
4. Azas Kegiatan
5. Azas Kemandirian
6. Azas Kekinian
7. Azas Kedinamisan
8. Azas Keterpaduan
9. Azas Kenormatifan
10. Azas Keahlian
11. Azas Alih Tangan
12. Azas Tut Wuri Handayani

POLA UMUM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
Materi bimbingan dan konseling di sekolah termuat dalam keempat bidang bimbingan:
1. Bimbingan pribadi
Pelayanan BK membantu siswa menemukan dan memahami serta mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakawa terhadap Tuhan YME, mandiri, aktif, kreatif, serta sehat jasmani dan rohani.
2. Bimbingan social
Pelayanan BK membantu siswa dalam proses sosialisasi untuk mengenal dan berhubungan dengan lingkungan social yang dilandasi budi pekerti luhur dan rasa tanggung jawab.
3. Bimbingan belajar
Pelayanan BK membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuandan ketrampilan, serta menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.
4. Bimbingan karir
Pelayanan BK membantu siswa mengenali dan mulai mengarahkan untuk masa depan karir.
Dilihat dari konsepsi kecakapan hidup (life skill) yang mencakup:
    a. Ketrampilan personal (personal skill)
    b. Ketrampilan social (Social skill)
    c. Ketrampilan akademis (academic skill)
    d. Ketrampilan vocasional (vocational skill)

TEKNIK PENDEKATAN BIMBINGAN KONSELING
A. BIMBINGAN KELOMPOK (GROUP GUIDANCE)
·         Masalah yang dirasakan bersama oleh kelompok.
·         Masalah yang dirasakan individual sebagai anggota kelompok
Bentuk khusus teknik Bimbingan

Home room programe
Membuat suasana kelas seperti rumah dengan tujuan mengenal siswa lebih baik sehingga dapat membantu secara efisien.Dilaksanakan di kelas di luar jam pelajaran untuk membicarakan beberapa hal yang dianggap perlu.Dapat diadakan secara periodic.Karyawisata/ field trip Kegiatan rekreasi yang dikemas denga metode mengajar untuk bimbingan kelompok dengan tujuan siswa dapat memperoleh penyesuaian dalam kelompok untuk dapat kerjasama dan penuh tanggungjawab.
 Diskusi kelompok :Untuk memecahkan masalah secara bersama. Misalnya masalah belajar, perencanaan suatu kegiatan. Hal ini dapat mengembangkan harga diri.
Kegiatan kelompok :Dapat memberi kesempatan kepada individu untuk berpartisipasi dengan sebaik-baiknya.
Organisasi murid : Sosiodrama, Bermain peran dalam situasi masalah sosial
Psikodrama  :Bermain peran memecahkan masalah-masalah psychis yang dialami seseorang.
 Remedial teaching, Bentuk: penambahan pelajaran, pengulangan kembali, latihan-latihan, penekanan aspek-aspek tertentu.
Hal ini tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan belajar yang dialami siswa.

B. KONSELING INDIVIDU (INDIVIDUAL COUNSELING)
 Masalah-maslah yang sifatnya pribadi.§
 Dilakukan dengan face to Face relationship
§
 Metode wawancara antara konselor dab kasus
§
 Konselor harus bersikap penuh simpati dan empati
§
Simpati: menunjukkan adanya sikap turut merasakan apa yang sedang dirasakan  konselee
Empati: berusaha menempatkan diri dalam situasi diri konseli dengan segala masalh-maslah yang dihadapinya.
Bentuk Khusus Teknik Konseling:
Directive Counseling
ü  konselor paling berperan
ü  konselor berusaha mengarahkan konselee sesuai dengan masalahnya.
Non-directive Counseling
ü  berpusat pada konselee
ü  konselor hanya menampung pembicaraan yang berperan konselee
ü  konselee bebas bicara, sedangkan konselor menampung dan mengarahkan
Eclective Counseling
Campuran 2 teknik di atas.

LANGKAH-LANGKAH UMUM PELAYANAN BK DI SEKOLAH
1. TAHAP PERENCANAAN
• Merumuskan topik, materi atau masalah yang akan dibahas.
• Merumuskan jenis layanan atau kegiatan pendukung: sasaran laayanan, metode, waktu, penyelenggara dan pihak-pihak yang dilibatkan
• Merumuskan pokok-pokok materi dan prosedur pelaksanaan, cara evaluasi
2. TAHAP PELAKSANAAN
• Identifikasi kasus
• Identifikasi masalah
• Analisis masalah (diagnosis)
• Estimasi dan identifikasi alternatif pemecahan (prognosis)
• Tindakan pemecahan masalah (treatment, theraphy)
• Evaluasi hasil pemecahan maslah dan tindakan lanjutan (follow up)
3. TAHAP EVALUASI
Menilai keberhasilan pelaksanaan kegiatan, baik dari segi proses maupun hasil.
Keberhasilan proses dapat dilihat dari antusiasme dan keterlibatan siswa dalam mengikuti kegiatan.
Keberhasilan dari hasil dapat dilihat dari ada tidaknya perubahan prilaku siswa sebelum mengikuti dan setelah mengikuti kegiatan.
4. TAHAP ANALISA
Menganalisis factor-faktor yang diperkirakan menjadi penyebab berhasil atau tidaknya suatu kegiatan dilaksanakan.
5. TAHAP TINDAK LANJUT
Hasil-hasil analisi ditindaklanjuti untuk mengatasi berbagai kelemahan dan mengembangkan berbagai keberhasilan dari pelaksanaan kegiatan, yang dituangkan dalam rekomendasi yang selanjutnya menjadi landasan dalam membuat perencanaan kegiatan BK.


Rabu, 26 Januari 2011

Sampul Makalah



Bimbingan dan Konseling


      


OLEH :
 Nama       : Jaya Marzuki
     NPM                : 908 862 010 110
    PRODI             : BIMBINGAN DAN KONSELING
PANGKEP
TAHUN 2010 – 2011